Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Contoh Satelit Buatan Yang dibuat Manusia

Satelit merupakan salah satu teknologi canggih yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari hari masyarakat modern saat ini. Setidaknya ada dua jenis satelit yang patut kita ketahui yakni satelit alami dan satelit buatan. Bulan adalah salah satu satelit alami. Lalu bagaimana dengan setelit buatan manusia? Apakah Anda bisa menyebutkan apa saja contoh satelit buatan yang berhasil dibuat manusia?

Satelit Buatan Manusia

Masing masing satelit yang berhasil dibuat oleh manusia memiliki fungsi tertentu dan beraneka macam. Satelit tersebut dibuat manusia dengan tujuan untuk semakin mempermudah hidup manusia di bumi. Satelit buatan sudah mulai dikembangkan sejak zaman dulu atau kurun waktu yang lama. Bahkan beberapa negara sudah memiliki nama satelit mereka sendiri loh.

Yuk kita mengenal contoh satelit buatan yang dibuat manusia dengan tujuan tertentu untuk semakin memperluas pengetahuan Anda. Silahkan disimak.


Satelit Observasi Bumi

Contoh satelit buatan pertama berdasarkan fungsinya adalah untuk observasi bumi. Nah, sesuai dengan namanya yakni untuk mengobservasi maka satelit buatan ini digunakan sebagai pengamatan kepada bumi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bumi sendiri adalah planet yang sangat istimewa karena merupakan tempat yang luas bagi manusia. 

Karena inilah diperlukan satelit sebagai alat khusus untuk mengetahui keadaan bumi dari sisi belahan bumi lainnya. Beberapa contoh satelit buatan untuk observasi bumi adalah satelit Explorer 1 yang diluncurkan pada tanggal 31 januari 1958 milik negara Amerika Serikat, lalu ada Voyager oleh NASA yang diluncurkan pada tanggal 5 September 1977. Ada juga milik China Bernama Gaofen yang diluncurkan pada tanggal 26 April 2013.


Satelit Observasi Lautan

Nah, berbeda dengan setelit sebelumnya, satelit buatan manusia yang satu ini adalah untuk observasi macam macam laut. Lebih tepatnya adalah untuk mengamati kondisi lautan yang ada di bumi. Di bumi sendiri, lautan merupakan bagian yang terluas. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui kondisi lautan di bumi dengan alat khusus yakni satelit observasi lautan.

Beberapa contoh satelit buatan yang bisa Anda ketahui adalah SEASAT Yang adalah satelit buatan Amerika Serikat yang berhasil diluncurkan pada 12 Juni 1978 silam. Lalu ada juga satelit Baskhara I dan II oleh negara India yang membentuk stasiun pengamatan untuk Bumi pertama kali. Jumlah satelit observasi lautan memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan satelit observasi Bumi.


Satelit Komunikasi

Satelit paling banyak dibuat adalah satelit untuk komunikasi. Hal ini selaras dengan kebutuhan komunikasi yang berada di tingkat tinggi. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali satelit buatan untuk kategori komunikasi loh. Apalagi memang untuk berkomunikasi dibutuhkan banyak satelit supaya bisa menghubungkan antara manusia di suatu tempat dengan manusia lainnya di belahan bumi lainnya.

Beberapa contoh satelit komunikasi adalah GARUDA 1, Telkom 1, Telkom 2, Palapa C1, Palapa B2R, Palapa AB2, Palapa B1, Palapa A2, Palapa A1 yang adalah satelit komunikasi milik negara Indonesia yang berhasil dibuat dan menjalankan fungsinya dengan baik.


Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas beberapa contoh nama satelit buatan yang dibuat oleh manusia. Ini hanyalah sebagian kecil nama satelit yang disebutkan, sebab masih banyak lagi satelit buatan yang berhasil dibuat oleh manusia yang bisa Anda ketahui. Bahkan Anda bisa mengklasifikasikannya berdasarkan fungsi yang dimilikinya seperti informasi diatas. Semoga bermanfaat.