Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Satelit Alam Terbesar di Tata Surya yang Perlu Diketahui

Manusia tinggal di sebuah Planet yang sangat istimewa yakni Bumi. Di Bumi kita mendapatkan banyak hal yang bisa menunjang kehidupan dengan baik, Jauh sebelum teknologi mampu menciptakan berbagai satelit. Alam sudah memiliki satelit mereka sendiri. Ya, ada beberapa jenis satelit alam terbesar di tata surya yang sudah sepatutnya Anda ketahui.

Satelit Alam

Mengapa disebut sebagai satelit alam? Sebab satelit tersebut telah terbentuk secara alami ketika planet pada miliaran tahun silam diciptakan. Salah satu satelit alami yang ada di tata surya adalah bulan. Bulan mengelilingi Bumi dengan rapi dan teratur. Tapi bulan tidak sendiri, sebab ada beberapa satelit alam lainnya yang memiliki ukuran sangat besar dan menunjang kehidupan manusia di Bumi.

Ingin tahu apa saja jenis satelit alam terbesar yang ada di tata surya? Yuk simak informasi nama nama satelit alam tersebut di bawah ini. 


1. Bulan

Mari kita bahas bulan terlebih dahulu sebagai salah satu satelit terbesar yang ada di tata surya. Tahukah Anda, berdasarkan studi tercatat bahwa bulan memiliki diameter hingga 3.475 km serta lingkar khatulistiwa dengan panjang 10.917 km loh. Lalu untuk gaya gravitasinya hanya sebesar 16,6 persen. Berdasarkan penelitian akan bukti bukti sains menunjukkan kalau Bumi dan orbit bulan memiliki orientasi yang sama.


2. Io

Selanjutnya ada satelit alam milik planet Jupiter. Tahukah Anda, kalau satelit alam ini mempunyai banyak gunung berapi yang aktif. Nah, aktivitas vulkanik yang terjadi secara intens tersebut diakibatkan oleh gaya gravitasi Jupiter yang sangat kuat. Tidak heran kalau Io disebut sebagai satelit alam yang mempunyai aktivitas vulkanis paling tinggi di antara satelit tata surya. 

Menurut penemuan oleh Galileo Galilei pada 08 Januari 1610 Io berhasil terdeteksi dan akhirnya menjadi salah satu penemuan dengan tonggak bersejarah yang penting dimana membuktikan kalau seluruh planet yang ada di tata surya selalu berputar mengelilingi matahari sebagai bintang yang paling besar di tata surya.


3. Callisto

Callisto adalah salah satu satelit alam yang juga berputar mengelilingi planet Jupiter. Ukuran diameter satelit alam yang satu ini adalah mencapai 4.800 km serta mengorbit dengan jarak mencapai 1,8 juta km. Tahukah Anda yang menarik dari Callisto adalah pada permukaannya terdapat banyak kandungan es yang tercampur bersama dengan endapan sisa sisa pembentukan planet purba.

Selain itu, di Callisto terdapat banyak kawah yang membuktikan kalau Callisto sebenarnya banyak dihantam oleh batu batu meteorid sekitar 4 miliar tahun yang lalu. Kawah di permukaan Callisto berukuran sangat besat bahkan ukurannya ini lebih besar dari rata rata kawah yang ada di bulan.


4. Titan

Satelit terbesar kedua diraih oleh Titan. Pesawat luar angkasa NASA yakni Cassini mendapatkan gambar yang dipetakan di dalam radar infra merah bahwa sebuah satelit alam terbesar ini memiliki diameter 5.150 yang berputar mengelilingi planet saturnus. Uniknya dari Titan, ia memiliki senyawa karbon yang dapat mendukung kehidupan bagi organisme.
Inilah informasi selengkapnya yang menyebutkan jenis jenis satelit alam terbesar di tata surya yang perlu Anda ketahui.


Menakjubkan sekali bukan? Secanggih apapun satelit buatan manusia, satelit alam ini tidak ada bandingannya bahkan jauh lebih canggih. Tentu kita sangat bersyukur atas adanya satelit alam yang membuat kita bisa hidup dengan sangat baik di Bumi. Semoga bermanfaat.