Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Jenis Koneksi Jaringan Internet dalam Sejarah Teknologi

Siapa yang tidak menginginkan koneksi jaringan yang cepat dan stabil? Kita semua tentu mengingikannya, khususnya ketika bekerja, belajar atau melakukan berbagai kegiatan tertentu yang memanfaatkan jaringan internet. Nah, tahukah Anda kalau sebenarnya ada beberapa jenis koneksi jaringan internet di dalam sejarah teknologi loh.

Kalau membahas soal sejarah, pasti tidak lepas dari yang namanya proses untuk hasil yang lebih baik. Ini juga berlaku untuk jaringan internet. Kalau kita sekilas melihat jaman dulu, internet tidak secanggih seperti sekarang ini. Tentunya ada proses perkembangan dalam koneksi jaringan internet sebagai sejarah penting hingga mendapatkan berbagai kemudahan penggunaan internet saat ini.
Jaringan Internet
Sebagai berikut kita akan membahas jenis jenis koneksi jaringan internet yang tercatat di sepanjang sejarah teknologi. Mari simak.

1. Dial-Up

Apabila Anda termasuk orang yang tumbuh dan besar pada era awal internet masuk ke Indonesia, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Dial-Up bukan? Dial-Up sendiri merupakan koneksi jaringan internet yang berbentuk kabel dan mengandalkan jaringan telepon rumah. Dial Up menggunakan jalur Public Switched Telephone Network atau yang biasa disingkat PTSN dan terhubung dengan Internet Service Provider atau ISP. 

Dapat dikatakan Dial-Up ini menjadi salah satu sejarah dalam koneksi jaringan internet yang ada di Indonesia. Meskipun dari segi kecepatan internet yang ditawarkan tidak terlalu tinggi, namun dalam hal penggunaannya sudah cukup untuk menjelajah dunia maya dengan baik pada masanya.

2. ADSL

Asymmetric Digital Subscriber Line atau ADSL merupakan teknologi dalam jaringan internet berupa modem yang bekerja dalam frekuensi 34 kHz sampai dengan 1104 kHz. Dengan adanya jaringan internet ini, Anda dapat mengirimkan suara sampai fax ke pengguna lainnya loh. Tidak hanya itu, dari segi biaya, penggunaannya juga lebih ekonomis.

3. LAN

Berikutnya ada LAN yang merupakan koneksi internet yang paling banyak dikenal oleh masyarakat saat ini. Bagaimana sistem kerjanya? LAN sendiri memanfaatkan satu komputer sebagai server dan terhubung dengan internet melalui kabel telepon. Selanjutnya komputer lain dapat terhubung dengan internet. Namun jaringan koneksi internet ini hanya mencakup daerah atau wilayah yang sangat kecil saja.

4. TV Kabel

Siapa yang tidak tahu TV kabel? Kita semua juga pasti tidak asing dengan istilah ini. tahukah Anda sekarang TV kabel sudah memanfaatkan koneksi internet dengan baik loh. Jaringan untuk TV kabel bahkan mampu mencapai hingga kecepatan mencapai 27 Mbps. 

Selain karena lebih cepat, keunggulan lainnya adalah tidak ada jam sibuk, biaya iuran yang tetap setiap bulan dan yang paling menarik adalah layanan tanpa batas. Meskipun demikian tetap ada kekurangannya yakni tidak semua wilayah memungkinkan mendapatkan jaringan ini.

5. WiFi

Berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Wifi sebagai jenis koneksi jaringan internet yang begitu spesial di mata masyarakat modern sekarang. Teknologi yang satu ini memungkinkan para penggunanya untuk mengakses dunia maya di berbagai tempat tanpa perlu memusingkan kabel telepon. Anda bisa menggunakan berbagai perangkat untuk bisa terhubung ke Wifi.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas deretan jenis koneksi internet dalam sejarah teknologi yang bisa Anda ketahui. Masing masing jenis koneksi internet yang tersedia dan sudah disebutkan tersebut memiliki keunggulan dan spesifikasi tersendiri dengan peruntukannya yang berbeda beda. Anda bisa memilih mana koneksi jaringan internet yang layak untuk digunakan. Semoga bermanfaat.