Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Prinsip dan Cara Kerja Jaringan Internet yang perlu Diketahui

Di jaman sekarang ini, siapa yang tidak membutuhkan internet? Kita semua tentu membutuhkan internet untuk melakukan berbagai kegiatan dengan mudah. Prinsip dan cara kerja jaringan internet dirancang sedemikian rupa agar kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Banyak fungsi yang dapat diperoleh dari penggunaan internet.

Namun, terlepas dari manfaat internet dalam kehidupan sehari hari, tahukah Anda apa itu internet? Dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa memudahkan kita dalam mengumpulkan informasi? Berbagai bidang dalam kehidupan seperti halnya kebutuhan Pendidikan, bisnis, keamanan bahkan hiburan telah menggunakan internet. 

Jaringan Internet
Mengingat pentingnya jaringan internet ini, mari kita cari tahu prinsip dan cara kerja jaringan internet pada ulasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Internet?

Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui atau memahami bagaimana cara kerja jaringan internet. Karena umumnya mereka hanya memikirkan manfaatnya tanpa perlu tahu bagaimana cara kerjanya bukan? Oleh sebab itu, buat Anda yang ingin mengetahuinya, prosesnya adalah dimulai dari berbagai tahapan atau proses yang cukup rumit.

Perlu Anda ketahui kalau internet diberikan oleh ISP atau singkatan dari Internet Service Protocol. Nah, Internet Service Protocol ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia layanan untuk menyediakan koneksi internet dan jasa lainnya yang masih berkaitan. Nah, kebanyakan dari perusahaan telepon disebut sebagai ISP. Mereka memiliki peran untuk menyediakan layanan mulai dari melakukan pendaftaran domain, hosting, menghubungkan internet dan lain lain.

Beberapa contoh perusahaan sekarang yang menjadi ISP adalah Telkomsel, Indosat, CBN, Speedy dan masih banyak lagi. Nah, umumnya koneksi yang diberikan oleh Internet Service Protocol atau ISP akan tersambung melalui sebuah kabel telepon atau kabel fiber yang dipasang pada tiang listrik ataupun dikubur di tanah. Selanjutnya, saat kabel sudah terpasang maka kabel kabel tersebut akan diberi IP default yang umumnya tertulis dengan alamat 192.168.1.1.

Secara kompleks cara kerja internet adalah seperti tahapan berikut ini :

  • Perangkat komputer maupun laptop yang kita gunakan telah mempunyai IP address yang diberikan oleh ISP. Selanjutnya mereka disini akan melakukan pengaturan pada router supaya perangkat bisa terhubung ke ISP.
  • Nah, pengguna dapat membuka www.google.com ataupun www.facebook.com karena adanya DNS. DNS sendiri adalah sistem yang memungkinkan si pengguna untuk dapat mengakses berbagai alamat domain yang tersedia.
  • Server ISP memiliki peran penting untuk menerima adanya permintaan sinyal dari berbagai jenis browser yang digunakan oleh pengguna. Sehingga pengguna dapat membuka sebuah halaman web, mengakses email, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya dengan internet. Apabila server tidak dapat menampung seluruh informasi yang tersedia, maka sinyal nantinya akan dialihkan ke server lain yang disebut sebagai host server.
  • Setiap situs yang ada didunia, terutama jika termasuk situs terkenal sudah pasti memiliki host server.
  • Seraya perkembangan teknologi yang semakin berkembang dan maju, maka internet juga dirancang dengan begitu canggih sehingga tidak hanya dapat terhubung melalui kabel saja, melainkan juga melalui gelombang radio atau yang lebih akrab kita sebut dengan istilah Wifi.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas prinsip dan cara kerja internet yang perlu Anda ketahui. Canggih sekali bukan? Meskipun demikian, internet masih memiliki dampak positif maupun negatif dalam hal pemanfaatannya. Jadi sebagai pengguna internet, sebaiknya selalu menggunakan dengan bijak dan cermat. Semoga bermanfaat.