Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Layanan Yang ada di Internet Satelit

Sebagian industri dan pelanggan korporasi banyak yang membutuhkan layanan internet satelit untuk keperluan sehari-hari, dalam mengerjakan pekerjaan. Ada banyak penyedia layanan jaringan internet satelit di indonesia, yang menawarkan berbagai kebutuhan untuk perkantoran, perbankan, perkebunan, oil & gas, dan maritim.

Nah, mau tau apa saja sih? Jenis layanan internet satelit yang bisa digunakan untuk keperluan perkebunan, perkantoran, perbankan dan lain sebagainya. Simak jenis layanan berikut ini.

Internet Satelit
VSAT IP

Jenis layanan internet yang berbasis satelit yang dapat melayani kebutuhan komunikasi data atau internet seperti voice serta video, sehingga dapat memenuhi kebutuhan seperti :
Industri Perkebunan, Pengeboran minyak, Maritim. Dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal dan terpencil.

Keunggulan VSAT IP sendiri dapat mencakup layanan yang luas ke seluruh wilayah yang ada di indonesia. Setiap penyedia layanan internet satelit, biasanya memberikan pelayanan keamanan yang tinggi, begitu juga penyedia internet memiliki sistem monitoring jaringan yang di pantau 7X24 jam.

BGAN
Broadband Global Area Network

Layanan internet satelit yang dapat menghubungkan berbagai jenis perangkat telekomunikasi. Namun BGAN lebih unggul dibandingkan dengan teknologi telekomunikasi lainnya, karena ukurannya yang sangat simpel dan tidak mememerlukan instalasi yang rumit.

Layanan ini sangat cocok digunakan untuk pelanggan korporasi dan institusi pada industri seperti. Maritim, pertambangan oil & gas, perkebunan, militer, dan angkutan yang bergerak di indonesia. Untuk keunggulannya, dapat mencakup layanan yang luas, dan dapat di gunakan untuk implementasi seperti.
Pengiriman suara, data, dan video. Dan layanan ini dapat di gunakan untuk mobile communication.

RADIO IP

Radio IP merupakan layanan jaringan internet yang dapat di gunakan untuk pelanggan yang lokasinya belum terjangkau oleh kabel tembaga dan fiber optik. Layanan ini menawarkan kebutuhan komunikasi dengan kapasitas komunikasi data yang besar dan konfigurasi yang dapat diatur dengan mudah.

Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan, perkebunan, seperti di wilayah-wilayah kalimantan dan sumatra yang sangat luas daerahnya. Namun layanan radio ini sama halnya seperti provider GSM, membutuhkan tiang pemancar yang tinggi agar perangkat bisa terkoneksi dengan perangkat yang berada di lokasi penggunanya.

TVRO

Untuk jenis layanan yang satu ini berbeda dengan layanan sebelumnya, TVRO memberikan kemudahan para pelanggan untuk yang berada di daerah terpencil, layanan ini dapat menerima siaran broadcast yang stabil dan realtime. Serta memiliki kemampuan untuk menerima sinyal baik dari stasiun TV lokal maupun mancanegara.

TVRO sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan media penyiaran dan pemerintahan. Keunggulan layanan ini mampu menerima siaran yang berkualitas, bisa juga untuk siaran langsung maupun siaran tunda (playback program)

MOBILE CONNECTIVITY SERVICE (MCS)

Mobile connectivity service adalah layanan yang mendukung konektifitas perangkat ponsel, portable data terminal EDC (electronic data capture) dan household appliances dapat lebih mudah, yang memungkinkan dalam satu jaringan yang aman dan terintegrasi yang dapat dikontrol dan dimonitor.

MCS membuat proses bisnis lebih mudah karena dilihat sebagai pengendali dibelakang IoT (Internet of Things) yang sangat mendukung untuk industri retail, otomotif, militer, perbankan, transportasi, logistik, dan masih banyak untuk keperluan lainya.

Nah itulah beberapa dari layanan jaringan internet satelit yang ada, tentunya masih banyak lagi layanan lainnya yang di sediakan oleh penyedia layanan jaringan internet satelit. Contohnya seperti di, PT. Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) yang banyak menyediakan layanan, seperti yang telah dijelaskan di artikel ini. Dan masih banyak layanan lainnya yang disediakan seperti :

VSAT SCPC

VSAT dSCPC

Multi Channel Per Carrier (MCPC)

Dan masih banyak lagi produk yang tersedia di perusahaan ini. Demikian informasi tentang layanan jaringan internet satelit, semoga bermanfaat.