Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 6 Penyebab Jaringan Internet Gangguan yang Sering Terjadi

Bagaimana perasaan Anda kalau tiba tiba jaringan internet mengalami gangguan? Anda mungkin akan kesal, apalagi kalau kegiatan Anda harus menggunakan koneksi internet. Sebenarnya apa penyebab jaringan internet gangguan yang sering terjadi? Jika mengetahui faktor penyebabnya kita mungkin bisa mengatasinya segera dengan cepat.

Gangguan Jaringan Internet
Seringkali jaringan internet yang putus memang sangat mengganggu, bahkan mungkin hanya koneksi jaringan internet yang lambat kita sudah merasa kesal. Nah, jika Anda mengalami masalah ini yakni secara tiba tiba koneksi internet lambat bahkan putus, jangan khawatir. Mari kita cari tahu terlebih dahulu apa penyebab jaringan internet gangguan yang umumnya sering terjadi pada informasi dibawah ini.

1. Cuaca yang sedang buruk

Cuaca yang buruk bisa menjadi salah satu faktor mengapa internet mengalami gangguan dan akhirnya putus. Khususnya jika di daerah Anda sedang mengalami musim penghujan, bisa jadi ini mempengaruhi koneksi internet Anda. Misalnya pada saat hujan deras, dan tiba tiba koneksi internet lemot dan semakin memburuk, dapat diperkirakan sinyal internet terganggu dan terhalang titik titik hujan.

2. Sedang berada di Parkiran

Umumnya jika sedang berada di area parkiran, kita bisa jadi tidak mendapatkan sinyal internet di ponsel, sehingga internet Anda tentu saja akan melambat. Mengapa demikian? Yang pertama adalah tempat parkir berada diarea yang terlalu tinggi, area parkiran memiliki dinding yang begitu tertutup dan tebal sehingga sinyal akhirnya susah untuk dijangkau. 
Tidak hanya parkiran, tempat sejenis seperti saat memasuki terowongan yang panjang juga bisa menjadi penyebab internet diperangkat Anda mengalami gangguan.

3. Jaringan terlalu sibuk

Meskipun teknologi semakin canggih, namun prime time tetap menjadi salah satu masalah yang menyebabkan jaringan internet melambat. Banyaknya pengguna koneksi internet di satu waktu yang bersamaan akan membuat jaringan terbagi bagi sehingga mau tidak mau jaringan lama lama akan terasa lebih lambat. Supaya jaringan internet kembali seperti semua, Anda perlu menunggu hingga penggunanya berkurang.

4. Aplikasi yang Mengganggu

Di Google Playstore kita bisa menemui banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Namun tahukah Anda, kalau aplikasi yang terus aktif akan menjadi salah satu faktor penyebab internet melambat. Misalnya apabila aplikasi Spotify, Instagram, facebook atau aplikasi messenger lainnya menyala dalam waktu bersamaan maka bisa jadi internet Anda akan semakin melambat.

5. Kartu SIM yang bermasalah

Kartu SIM yang bermasalah juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jaringan internet Anda mengalami gangguan. Kartu SIM yang bermasalah ini bisa jadi karena kartu SIM yang mempunyai frekuensi yang berbeda. Untuk mengatasinya, Anda perlu membawa kartu SIM Anda langsung ke provider untuk bisa dibenarkan.

6. Kuota yang habis

Sewaktu membeli paketan internet umumnya akan mendapat bonusan yang bisa membuat kita menikmati jaringan internet yang lebih lama. Namun tahukah Anda, untuk bonusan tersebut sebenarnya memiliki batasan kecepatan loh. Sehingga batasan itu biasanya berlaku untuk bonusan yang dapat digunakan pada jam kerja atau prime time.

Inilah informasi update yang mengulas tentang apa saja penyebab jaringan internet gangguan yang sering terjadi. Cobalah cari penyebab dari jaringan internet yang lemot tersebut, apabila penyebabnya bukan pada faktor yang disebutkan pada daftar diatas, silahkan untuk mencari solusi lainnya misalnya dengan menghubungi providernya secara langsung. Semoga bermanfaat.