Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Cara Kerja Satelit dan Kegunaannya di Kehidupan Sehari hari

Apa fungsi dari satelit? Anda mungkin sudah tidak asing untuk menyebutkan fungsi satelit yang utama yaitu berperan sebagai cermin di luar angkasa atau mata langit yang akan memantulkan panggilan telepon dari bumi. Cara kerja satelit dan kegunaannya di kehidupan sehari hari memang sangat penting. Mulai dari panggilan telepon lintas benua, siaran TV, sampai dengan perkiraan cuaca dan internet.

Bagi Anda yang belum mengenal satelit, secara singkat satelit merupakan benda apapun yang bergerak di dalam lintasan melengkung pada sekitar planet. Ada satelit alami dan ada juga satelit buatan. Lantas mengapa satelit bergerak melingkar? Untuk memahaminya Anda harus tahu prinsip gaya Newton terlebih dahulu. 

Fungsi Satelit

Untuk itu, informasi selengkapnya mengenai cara kerja satelit dan kegunaannya di kehidupan sehari hari bisa Anda simak pada uraian dibawah ini.


Apa itu Satelit dan Cara Kerjanya

Satelit adalah suatu benda yang bergerak di dalam lintasan sekitar planet. Nah, satelit bumi asli adalah bulan. Kemudian ada banyak juga satelit buatan yang berhasil dibuat manusia dan umumnya beredar di sekitar bumi. 

Jalur yang dilalui oleh satelit dinamakan orbit. Cara kerja satelit yang bergerak secara melingkar dipengaruhi prinsip Newton. Dimana Newton mengusulkan gaya gravitasi berada di antara dua benda di alam semesta. Apabila tidak ada gaya ini maka satelit akan terus bergerak di dekat planet dengan arah dan kecepatan yang sama yaitu sebuah garis lurus.

Gaya total yang diterapkan pada satelit akibatnya tidak seragam pada sepanjang orbit dan memiliki kecepatan yang berubah secara konstan. Misalnya satelit bergerak paling lambat ketika terjauh dari planet yakni pada titik yang disebut apogee dan bergerak paling cepat yakni pada titik yang disebut sebagai perigee.


Kegunaan Satelit 

Beberapa satelit memiliki tugas untuk membantu ahli meteorologi dalam memprediksi cuaca dan melacak badai dengan mengambil gambar planet. Sedangkan beberapa satelit lainnya bertugas mengambil gambar planet lainnya, matahari, materi gelap, lubang hitam sampai dengan galaksi yang lokasinya jauh.  

Tidak hanya itu, satelit lainnya dipergunakan untuk komunikasi. Mulai dari memancarkan sinyal TV serta panggilan telepon yang dapat dilakukan diseluruh dunia. Kemudian ada sekelompok 20 satelit lebih yang membentuk GPS atau Global Positioning System yang berfungsi untuk mengetahui lokasi persis Anda. Canggih sekali bukan?

Fungsi Satelit
Nah, pandangan luas yang dimiliki oleh satelit ini memungkinkan manusia bisa mengamati sebagian besar area bumi dalam suatu waktu. Sehingga akan lebih banyak data yang secara lebih cepat dikumpulkan dengan kemampuan satelit. Menariknya satelit memiliki kemampuan untuk melihat luar angkasa dengan lebih baik daripada teknologi teleskop di permukaan bumi loh.

Tahukah Anda, sebelum adanya satelit, sinyal TV tidak bisa menjangkau terlalu jauh. Namun sekarang, sinyal TV dan panggilan telepon ke tempat yang jauh dipermudah karena adanya satelit. Sehingga akan sangat mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari hari bukan?

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas seputar cara kerja satelit dan kegunaannya di kehidupan sehari hari yang dapat Anda ketahui. Menarik sekali bukan? Ini hanyalah sebagian kecil informasi tentang Satelit, cara kerjanya dan fungsinya yang ternyata sangat penting untuk kehidupan di bumi. Kita bisa bayangkan kalau tidak ada satelit, maka akan sangat berpengaruh untuk kehidupan kita bukan? Semoga bermanfaat.