Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Macam macam Jaringan Internet dan Fungsinya

Tak dipungkiri, saat ini kita hidup di era internet yang sangat canggih. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah, komunikasi jarak jauh dan lain sebagainya. Indonesia sendiri disebut menduduki peringkat kelima terbesar sebagai pengguna internet. Lantas, tahukah Anda apa saja macam macam jaringan internet dan fungsinya dalam kehidupan sehari hari?

Nah, bagi sebagian besar orang jaringan internet keberadaannya sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi khususnya dalam berbagai bidang kehidupan. Sehingga hal ini tidak lepas dari dibentuknya berbagai jenis jaringan internet yang digunakan sesuai dengan fungsinya. Jaringan internet apa yang sedang Anda gunakan sekarang?

Jaringan Internet

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita mengenal macam macam jaringan internet dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Silahkan disimak.

LAN atau Local Area Network

Local Area Network atau yang biasa dikenal dengan singkatan LAN ini merupakan suatu jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan jaringan yang kecil. Misalnya pada jaringan komputer di sekolah, warung internet, rumah, maupun suatu lembaga bimbingan belajar. Nah, LAN ini dalam cara kerjanya dibantu oleh kabel ethernet supaya bisa tersambung ke PC maupun laptop pengguna.

PAN atau Personal Area Network

Berikutnya adalah PAN yang merupakan singkatan dari Personal Area Network. Fungsi dari jaringan internet yang satu ini sama dengan sebelumnya yaitu hanya mencangkup area kecil seperti perorangan saja. Bahkan untuk PAN cangkupannya lebih kecil lagi apabila dibandingkan dengan LAN. PAN hanya dapat menjangkau sekitar 10 meter saja.

Bagaimana cara mengkoneksikan PAN? Cukup mudah dimana hanya memanfaatkan Bluetooth untuk bisa menyambungkannya. Beberapa kemudahan jika menggunakan PAN adalah seperti mengupload video atau foto ke desktop Anda dengan mudah, mengirim dokumen dan masih banyak lagi kegunaannya.

WAN atau Wide Area Network

Wide Area Network atau yang biasa disebut dengan singkatan WAN ini berbeda dengan jenis jaringan internet yang disebutkan sebelumnya. Dimana WAN memiliki cangkupan wilayah telekomunikasi yang membentang luas. Bahkan cangkupan yang diberikan dapat mencapai satu negara atau bahkan seluruh negara. Menarik sekali bukan?

Untuk fungsinya sendiri lebih sering digunakan dalam hal bisnis. Secara garis besar, WAN atau Wide Area Network mirip dengan MAN yang merupakan jaringan internet yang bisa menyambungkan ke beberapa MAN. Namun bedanya LAN dapat dihubungkan  jauh lebih banyak oleh WAN daripada oleh MAN.

MAN atau Metropolitan Area Network

Selanjutnya ada MAN atau Metropolitan Area Network yang sempat disinggung sedikit pada jenis jaringan internet sebelumnya. Nah, yang perlu Anda ketahui tentang MAN ini adalah suatu jaringan koneksi yang lebih besar dibandingkan jaringan internet LAN. Jaringan MAN ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa LAN sehingga dapat menembus ke suatu kota dan provinsi.

Dapat dikatakan kalau MAN merupakan jaringan internet sebagai pengembangan dari jaringan LAN. Contoh penggunaan jaringan MAN dalam kehidupan sehari hari misalnya adalah jaringan departemen, beberapa kantor departemen tingkat kota ataupun kabupaten yang saling dihubungkan.


Inilah informasi terbaru yang mengulas beberapa macam jaringan internet dan fungsinya yang perlu Anda ketahui sebagai salah satu pengguna internet. Masing masing jenis jaringan internet tersebut memiliki fungsi dan kelebihannya masing masing. Namun, tujuan pemanfaatannya hanya satu yakni untuk mempermudah berbagai aktivitas manusia khususnya di era teknologi canggih saat ini. Semoga bermanfaat.