Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Intranet dan Internet Serta Fungsinya

Di era saat ini, kita harus mengerti untuk mengetahui tentang manfaat jaringan karena jaringan adalah interkoneksi yang menghubungkan kita untuk mengetahui dunia. Tidak hanya untuk itu, tetapi jaringan ini sangat penting untuk bekerja dan untuk mengetahui persaingan dalam bisnis. Banyak informasi di dunia maya yang membuat kami terus tumbuh, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian intranet dan internet serta fungsinya.

Intranet dan Internet

Perbedaan Intranet, Internet dan Ekstranet

Intranet.
Adalah jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet. Arsitektur intranet dalam bentuk aplikasi web dan menggunakan protokol TCP / IP. Sedangkan

Extranet.
adalah jaringan intranet perusahaan yang ingin mengekspos informasi yang mereka miliki ke jaringan eksternal, biasanya perusahaan yang membangun jaringan exstranet dapat bertukar data dalam volume besar dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan bisa berkolaborasi dengan perusahaan lain pada sebuah jaringan kerjasama dan lain sebagainya.

Internet (jaringan yang saling berhubungan)
Adalah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia.

Pada teknologi intranet pertama datang bersama dengan teknologi internet. Perbedaannya adalah pada penggunaan firewall untuk jaringan intranet lokal yang terhubung ke Internet, untuk melindungi sistem informasi aset yang dimiliki oleh perusahaan dari serangan pihak luar. Ini membuat intranet benar-benar bekerja dengan baik secara independen dari Internet, karena intranet tidak terhubung dengan jaringan eksternal.

Dengan kata lain yang membedakan antara intranet dan Internet dalam hal penggunaan. Aplikasi dan informasi dari intranet hanya ditujukan untuk perusahaan itu sendiri. Sementara internet untuk kebutuhan publik atau umum yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ada di seluruh dunia.

Komponen formasi intranet adalah :

• Peramban aplikasi

• Pengakhiran komputer

• Perangkat jaringan

• Protokol TCP / IP

• bahasa pemrograman

• Klien komputer

• Alat pengembangan untuk manajemen jaringan lokal.

Teknologi yang menghubungkan PC atau komputer di Internet, antara lain adalah jalur publik (Rute Umum) dan Line Dedicate (jalur khusus Internet). Public Line (Rute Umum) menggunakan teknik dial-up melalui PTSN, teknologi GPRS, CDMA, DSL, ADSL, ISDN ke PLC. Teknologi ini menggunakan perangkat yang awalnya merupakan modem yang berfungsi sebagai tautan / koneksi ke penyedia layanan Internet (ISP). Mendedikasikan garis, ini adalah jalur khusus yang hanya digunakan untuk keperluan koneksi internet, koneksi dapat menggunakan kabel media (sewaan line dan teresta). Nirkabel (WiFi, microwave, wimax), bingkai benar-benar, VSAT dan MPLS.

Dengan demikian informasi jaringan tentang perbedaan di Internet, intranet dan exstrannet, dengan informasi ini diharapkan Anda dapat menjelaskan definisi dan pada saat yang sama membedakan antara Internet, intranet dan juga ekstranitas. Dan diharapkan juga dapat memahami bagaimana teknologi yang digunakan untuk membangun koneksi internet (menghubungkan jaringan lokal ke Internet), mengetahui teknologi nirkabel untuk membangun koneksi LAN dan Internet. Nah itulah tentang pengertian intranet dan internet serta fungsinya. Semoga bermanfaat