Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Air Terjun Yang Ada di Daerah Bogor

Tertarik ke Air Terjun? Tidak boleh Lupa Datangi Wisata Curug Terbaik di Sentul Bogor. Tujuan Wisata Alam yang Cantik, Eksotik dan Paling Hits untuk Berlibur Anda yang Lebih Terkesan. Sentul sebuah wilayah di Jawa Barat persisnya di Bogor. Di situ ciri khas dengan pemandangan alam berbentuk pegunungan yang paling memikat baik di kelompok pelancong lokal atau pelancong asing.

Hingga banyak tempat wisata alam yang bisa di datangi oleh beberapa pelancong. Karena lokasi yang tidak jauh dari ibukota Jakarta, jadikan Bogor, khususnya Sentul populer sebagai tempat wisata terbanyak didatangi apa lagi saat liburan akhir pekan.

Air Terjun
Disamping itu, Sentul banyak memiliki tempat wisata yang memikat buat didatangi wisatawan. Salah satunya tujuan wisata yang banyak diputuskan ialah air terjun yang alami. Air terjun (curug) sebagai salah satunya tempat wisata sebagai unggulan di Sentul. Banyak curug yang berada di sana dan wajib buat didatangi saat berlibur akhir minggu Anda. Selainnya kesegaran dari deburan air yang turun dari wilayah pegunungan, tentu saja panorama yang disuguhi juga mempesona. Berikut referensi curug di Sentul yang harus didatangi.

1. Air Terjun Bidadari

Sentul mempunyai salah satunya curug yang banyak didatangi oleh beberapa pelancong, yakni Air Terjun Bidadari. Tidak cuma namanya saja yang cantik, tetapi pemandangan yang ada di tempat itu mempunyai keelokan yang tidak ada duanya. Anda bisa terhubung dari pintu keluar tol Sentul ke arah Dusun Bojong Koneng untuk mendapati tempat ini. Air yang turun dari lereng pegunungan datang dari mata air yang banyak di wilayah itu hingga hasilkan sebuah curug yang paling mempesona. Anda bisa mandi di bawah air terjun itu.

Air Terjun Curug Bidadari

Jika takut terserang derasnya siraman air yang jatuh, Anda bisa berenang dibalik batu-batuan besar yang menghias tempat air terjun itu. Harga ticket masuk untuk ke arah ke arah tempat wisata air terjun Bidadari ini lumayan murah, yakni 25 ribu sampai 30 ribu rupiah untuk nikmati kesegaran air yang berada di curug ini. Banyak sarana yang disiapkan dari faksi panitia, seperti gubuk, kolam renang yang lumayan luas, dan sarana simpatisan yang lain seperti beberapa warung yang berjajar, dan tempat outbound untuk anak. Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

2. Curug Barong

Curug Barong sebuah air terjun yang ada di Sentul persisnya di wilayah Babakan Madang. Saluran air sebagai sumber dari curug ini ialah datang dari Sungai Cirangrang yang akan share saluran ke Curug Leuwi Lieuk dan Curug Leuwi Hejo. Curug Barong sebagai tempat wisata yang mempunyai kondisi alam yang paling natural. Untuk terhubung ke teritori Curug Barong, Anda bisa mengawalinya dari gerbang Dusun Karang tengah sampai ke teritori Gunung Pancar.

Air Terjun Curug Barong

Seterusnya, turuti jalan ke Leuwi Hejo dan awalnya mencari sungai dengan jalan kaki sekitaran menit untuk nikmati keelokan alam dari Curug Barong ini. Tentunya Anda akan dikenai biaya masuk ke arah Curug Barong sebesar ribu rupiah. Tentunya harga itu telah terhitung ticket parkir kendaraan Anda. Benar-benar dianjurkan tidak untuk tiba saat musim penghujan. Karena benar-benar riskan jalanan licin dan benar-benar beresiko jika dipaksakankan. Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

3. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo sebagai air terjun yang satu lajur dengan Curug Barong. Keelokan air yang ada di wisata itu sangat mempesona. Dengan warna biru kehijauan, membuat air terjun ini menjadi satu diantara argumen beberapa pelancong kerap bertandang ke sini. 

Air Terjun Curug Hejo

Sarana yang ada pada tempat wisata Curug Leuwi Hejo diantaranya, tempat untuk menitipkan helm dan kamar mandi yang bisa dipakai setelah berenang di bawah air terjun. Untuk masuk teritori wisata itu, pengunjung akan dikenai biaya sebesar ribu rupiah. Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

4. Curug Hordeng

Jika ingin nikmati air terjun dengan nuansa alam yang paling menganakemaskan mata, coba tiba ke wilayah Sentul, persisnya di Dusun Cibadak. Disitu ada sebuah air terjun dengan situasi yang demikian alami, yakni Curug Hordeng. Air yang sejuk dan pemandangan yang paling memikat, jadikan tempat wisata ini benar-benar ramai untuk didatangi. Akses jalan ke arah Curug Hordeng bisa Anda menempuh lewat teritori Sentul ke arah Gunung Pancar.

Air Terjun Curug Hordeng

Lalu, teruskan perjalanan ke Dusun Cibereum. Turuti jalan ke atas sampai hingga di gerbang atau pos masuk ke arah tempat wisata ini. Ongkos masuk yang perlu Anda keluarkannya yaitu sejumlah 10 ribu saja. Tetapi harga itu dapat berbeda sewaktu-waktu. Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, KEc. Sukamakmur, Kab. Bogor.

5. Curug Leuwi Cepat

Curug Leuwi Cepat sebagai salah satunya tempat wisata curug di Bogor dan masih satu lajur dengan Curug Leuwi Hejo, Leuwi Barong, dan Leuwi Lieuk. Dari lokasi wisata ini, Anda bisa nikmati dari barisan air terjun itu di wilayah Babakan Madang. Tentunya, daya tarik dari Leuwi Cepat lebih hebat dibanding dengan curug lainnya.

Air Terjun Curug Cepet

Leuwi Cepat mempunyai kelebihannya sendiri yang beberapa orang mencari, yakni mempunyai sebuah tebing yang mana sering dipakai oleh beberapa pelancong untuk masuk ke kolamnya. Kedalaman dari kolam air terjun ini sampai 2 meter. Jika Anda terus ikuti saluran airnya, maka sampai di curug-curug lainnya. Lokasi: Karang tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

6. Curug Leuwi Cibaliung

Jika Anda sedang bertandang di Kota Sentul, tidak ada kelirunya untuk berkunjung sesaat ke Curug Leuwi Cibaliung. Air terjun ini ada di Karang Tengah. Curung paling dalam di Bogor ini akan memberi satu daya tarik yang tidak Anda peroleh pada tempat lain.

Air Terjun Curug Cibaliung

Tidak itu saja, air yang jernih yang menghias Air Terjun Cibaliung, tetapi ada batu-batuan yang tersusun rapi menjadi satu diantara ciri khas dari tempat ini. Cuman dengan modal kurang dari 40 ribu rupiah, Anda akan mendapat semua keelokan yang berada di object wisata ini. Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

7. Curug Kalimata

Curug Kalimata atau curug paling tinggi di Kota Hujan ini menjadi satu diantara object wisata yang tidak kalah ramai dengan tempat lain. Masalahnya untuk ke arah ke arah tempat ini, Anda harus ikhlas jalan kaki sekitaran menit dari Leuwi Asih karena tidak ada akses untuk kendaraan bermotor.

Air Terjun Curug Kalimata

Tetapi, selainnya pemandangan sawah yang cantik, akan membuat perjalanan ke arah Curug Kalimata jadi makin terkesan. Setelah tiba di lokasi, Anda akan dimanja dengan keelokan dan kesegaran alam dari air yang jatuh dari ketinggian 10 mtr. ini. Lokasi: Jl. Raya Gn. Pancar No.70, Kp.Blok Dusun RT 03/RW12, Dusun Karang tengah, Kec. Babakanmadang,Kab. Bogor.

8. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk sebagai rangkaian dari curug-curug di wilayah Babakan Madang. Sama seperti dengan curug-curug yang lain yang sama-sama terhubung, tetapi curug satu ini mempunyai kelebihan dan pemandangan yang berbeda.

Air Terjun Curug Leuwi Lieuk

Anda akan memperoleh panorama bawah air yang paling menakjubkan. Dan batu-batuan yang membentengi air terjun ini jadikan semakin cantik dan dengan suara gemericik dari air yang turun dari lereng. Lokasi: Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

9. Curug Kencana

Jika Anda inginkan sebuah tempat wisata air terjun dengan rimba yang mengitarinya, tentu saja Curug Kencana ialah opsi yang pas. Curug ini ada di Gunung Panca persisnya di Kabupaten Babakan Madang. Curug Kencana bisa Anda untuk jadikan tempat mengadu adrenalin dengan melonjak dari tebing dengan tinggi 7 mtr. ke arah telaga yang kedalamannya sampai 6 meter.

Air Terjun Curug Kencana

Tetapi tak perlu cemas untuk yang tidak dapat berenang, karena sungai yang mengucur pada tempat ini, benar-benar dangkal untuk dipakai. Lokasi: Karang tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

10. Curug Nangka

Curug Nangka ialah sebuah object wisata air terjun di Bogor yang memberi daya magnet keelokan dengan deburan air yang turun dari tebing dengan tinggi 25 meter. Hingga beberapa orang yang tiba kesini untuk lakukan pengabadian peristiwa dengan berfoto. Walau lokasi curug sekitaran lebih 20 km dari Sentul, tetapi pemandangan alam yang terhidang jangan Anda lewatkan.

Air Terjun Curug Nangka

Disamping itu, di wilayah Curug Nangka menjadi satu diantara komunitas dari monyet-monyet liar. Saat jalan ke arah air terjun ini, Anda akan menyaksikan monyet yang berbicara atau berhubungan dengan beberapa pengunjung tempat ini. Tetapi, benar-benar sayang, monyet-monyet itu benar-benar nakal.

Jadi harus waspada pada bawaan Anda. Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. Itu beberapa wisata air terjun atau curug favorite di Sentul. Dengan bawa pemandangan yang paling menakjubkan dan nuansa sejuk dari deburan air yang jatuh, membuat air terjun menjadi satu diantara object wisata yang sering dicari sampai sekarang ini terutamanya di Sentul. Jika Anda bertandang ke Bogor, benar-benar dianjurkan untuk berkunjung ke arah tempat itu. Semoga bermanfaat.