Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam macam Alat untuk Terhubung dengan Jaringan Internet

Kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan mudah menggunakan jaringan internet. Contohnya seperti mencari dan mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan melakukan komunikasi. Namun, pernahkan Anda bertanya bagaimana proses koneksi jaringan internet antar pengguna bisa dilakukan? Ini semua berkat macam macam alat canggih yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan internet.

Alat Jaringan Internet

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, sebenarnya memiliki banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah perangkat keras seperti komputer. Pada artikel ini akan membantu Anda memahami terkait perangkat keras jaringan komputer atau hardware jaringan komputer yang memiliki peranan penting agar terhubung dengan internet. Mari simak.


  1. Komputer Server

Komputer server menjadi salah satu hardware atau perangkat paling penting dalam internet. Bagaimana bisa? Ya, ini merupakan tugas server menjadi pusat semua jaringan komputer. Disinilah semua data yang penting akan disimpan. Nah, pada waktu client melakukan request maka, server akan mengirimkannya dengan cara melewati beberapa hardware serta software jaringan.

Alat Jaringan Internet
Oleh sebab itu, server menjadi salah satu hal yang paling penting atau paling memberikan pengaruh terhadap performa jaringan internet itu sendiri. Selain itu, spesifikasi komputer juga harus yang khusus dan tidak bisa mengggunakan komputer biasa yang dipaksa menjadi server.


  1. Komputer Client

Client adalah sebutan yang digunakan untuk komputer pengguna atau orang orang yang mengakses data pada server menggunakan jaringan internet. Apabila komputer client tidak tersambung dengan server maka client tidak akan dapat mengakses data komputer server. Oleh sebab itu untuk terhubung dengan jaringan internet, komputer client harus terkoneksi dengan jaringan kabel LAN atau jaringan Wifi.

Komputer Jaringan Internet

  1. Kabel

Kabel jaringan merupakan alat yang tidak akan lepas ketika berbicara soal jaringan internet. Ya, sebelum ada teknologi wifi maka lebih dulu semua internet terkoneksi dengan kabel jaringan. Nah, untuk kebanyakan kabel yang dimanfaatkan adalah jenis UTP atau Unshielded Twisted Pair, Fiber Optic dan kabel coaxial.

Kabel Jaringan Internet

  1. Konektor

Selanjutnya ada konektor yang adalah perangkat keras jaringan. Fungsinya sendiri adalah untuk menghubungkan adapter kabel sehingga dipasang pada bagian ujung kabel. Saat ini ada banyak jenis konektor yang dimanfaatkan dalam perangkat jaringan.

Konektor Jaringan Internet
Beberapa diantaranya yang bisa Anda temui adalah Konektor RJ-45, Konektor BNC/T, dan Konektor ST. Nah, untuk memastikan pemasangan konektor sudah benar atau belum, Anda dapat memanfaatkan konektor tester.


  1. Switch

Lalu ada Switch yang merupakan perangkat keras di jaringan yang memiliki kegunaan untuk memecah jaringan dari suatu  server menjadi beberapa client di dalam jaringan local. Umumnya port yang disediakan adalah switch dengan kelipatan 4, 8, 16, 32 dan seterusnya.

Switch Jaringan Internet
Nah, patut diketahui kalau switch sendiri berbeda fungsi dengan hub meski memiliki bentuk yang sama. Dimana fungsi utama switch adalah membatasi dan mengatur besar kecilnya paket data yang akan ditransmisikan di setiap client yang terhubung dengan lebih pintar. Jadi nantinya dapat diatur kecepatan internet pada setiap pengguna yang tentunya berbeda antara satu pengguna dengan pengguna yang lainnya bukan?


Uraian diatas adalah informasi terbaru yang mengulas macam macam alat untuk terhubung dengan jaringan internet. Semakin berkembangnya teknologi, alat alat canggih tersebut juga semakin dirancang dengan begitu canggih sehingga akan semakin praktis dan mudah digunakan. Anda bisa memanfaatkan alat tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.